Fenomena Halo Matahari

Kejadian ini terjadi pada tanggal 6 Januari 2013. Siang aku bersama seorang temanku, sebut saja imron. Kami mencoba jajanan kaki lima di Komplek Puro Pakualaman Yogyakarta. Dibawah rindangnya pohon beringin kami meneguk es teh.. hmm.. sambil bercerita tentang pangalaman. Beberapa selang waktu kami terasa lelah bercerita dan menyandarkan kepala dibangku masing-masing dengan memejamka mata dan menghadap kelangit. Betapa terkejutnya kami saat menatap langit, terdapat lingkaran cincin di sekitar matahari. Kalau tidak salah ini yang disebut "Halo matahari".

Karena hanya berbekal handphone, kami tak menyia-nyiakan untuk mengabadikan fenomena ini. Kamipun mencari posisi yang bagus untuk mengambil dokumentasi. Karena berada di area Puro Pakualaman, sekalian kami mencari objek yang bisa dipadukan dengan bangunan di sekitar. Sampai lokasi Komplek Puro Pakualaman ternyata kami tidak diperbolehkan masuk lebih jauh ke bangunan dalam Puro Pakualaman. Dan akhirnya kami hanya mencari objek seadanya. Seperti inilah hasil jepretan HP. Walaupun gak bagus-bagus amat tapi lumayan lah buat dokumentasi.




Untuk fenomena semacam ini tidak hanya terjadi pada matahari namun juga dapat terjadi pada bulan, seperti yang pernah saya bahas pada Fenomena Halo Bulan

5 comments:

Unknown said... Reply

Pict-nya kerenn, jempol dahh :D

Unknown said... Reply

Pict-na siip, keren2 (y)

snappopup said... Reply

thanks recha, sudah menyempatkan berkunjung.. :)

Unknown said... Reply

Sama2... sm0ga smakin kreatif

pak LaLa said... Reply

sip lah